Saturday, September 22, 2012

Membuat Daftar Isi Otomatis

Saya pernah ditanya seorang teman, waktu itu saya lagi bikin makalah. Susunan judul dan sub judul di navigation pane terlihat rapi menarik perhatiannya. Dia lantas bertanya "eh, gimana sih caranya buat kayak gitu.."
Waduh... gak bisa dijawab pake sepatah dua patah kata, oke, jawabannya di sini.
Mengatur paragraph style yang rapi pada sebuah dokumen memudahkan kita untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. Maksud otomatis yaitu daftar isi tersebut dapat mengupdate nomor halaman otomatis ketika kita mengubah dokumen tersebut. Selain itu, daftar isi otomatis ini dapat berfungsi ketika di-export ke file pdf. Ketika di-klik akan langsung menuju halaman yang dituju.
Di sini, saya akan menjelaskan cara membuat daftar isi otomatis bukan pada dokumen kosong, tapi pada dokumen yang sudah selesai dibuat, tinggal membuat daftar isi. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka dokumen yang akan diberi daftar isi otomatis.
  2. Sorot Judul dokumen, tekan 'Tittle' pada ribbon.


    Secara default style yang diterapkan adalah office style. Kita belum membuat style baru. Agar tidak lama-lama, tekan ctrl+z atau undo, lalu klik kanan pada style 'Tittle'>Update Tittle to Match Style.
    dan hasilnya seperti ini



  3. Berikutnya judul bab dan sub judulnya. Sorot judul bab, klik kanan heading 1>update heading 1 to match style. Selanjutnya sub judul seperti "A. Latar Belakang Masalah", "B. Tujuan Pembahasan", dan seterusnya. Kita beri style Heading 2. Kalau ada sub judul lagi di bawahnya, beri style heading 3, heading 4, dan seterusnya (dengan cara klik kanan, pilih update heading 1 to match selection). Lihat hasilnya di navigation pane, sebelah kiri. Sudah tersusun rapi.





    Tetapi karena 'Bab 1' dan 'Pendahuluan' tidak sebaris, jadi keduanya menjadi heading yang berbeda. Untuk itu, undo (ctrl+z), kemudian jadikan bab 1 dan pendahuluan sebaris. Lalu kita jadikan dua baris dengan menekan shift+enter, dan atur lagi headingnya



    Selanjutnya sub judul A, B, C, diformat heading 2, dst.. Termasuk juga di bawah level sub judul, diformat heading 3, 4, dst.
  4. Setelah semua selesai, tinggal buat daftar isi. Letakkan kursor pada tempat yang ingin ditempati daftar isi, klik tab References>Table of Content. Klilk style yang anda suka. dan hasilnya seperti ini.....





    anda dapat mengubah tulisan 'Table of Content' menjadi Daftar isi dan mengubah style-nya
Selamat Mencoba....

No comments:

Post a Comment